Rabu, 11 November 2009

Sektor Pertanian Harus Tetap Jadi Unggulan di Lobar

Perhatian Bupati Lombok Barat (Lobar) Dr. H. Zaini Arony terhadap sektor pertanian cukup besar. Sebab selain karena masyarakat Lobar merupakan masyarakat agraris, juga sektor pertanian merupakan penyumbang PAD terbesar. “Saya inginkan sektor pertanian tetap jadi sektor unggulan di Lombok Barat,” ujar Bupati Zaini saat pembukaan pelatihan petani hemat air dan pembuatan pupuk organik.

Dikatakan, Indonesia merupakan negara agraris namun kebijakan-kebijakannya kurang bepihak kepada pertanian. Ini berbeda dengan Amerika yang walaupun bukan negara agraris, tapi sangat perhatian pada masalah pertanian.
Saat ini, lanjutnya, lahan semakin menyempit, dan jumlah penduduk semakin banyak. Oleh karena itu petani diharapkan mampu meningkatkan produktifitas dalam kondisi seperti itu. “Salah satu caranya yakni dengan berupaya mengembangkan jenis tanaman hidroponik, yaitu tanaman tanpa tanah,” jelas Bupati Zaini.
Selain itu, para penyuluh pertanian diharapkan memberi perhatian pada masalah diversifikasi pangan. Ini dimaksudkan agar penganekaragaman pangan non beras bisa dilakukan, untuk ketahanan pangan.
Untuk menciptakan ketahanan pangan, menurut Zaini tidak hanya dilakukan dengan cara memperbanyak produksi saja, tapi juga harus menyediakan akses jalan. “Percuma saja hasil pertanian banyak tapi tidak ada akses jalan. Sehingga petani tidak bisa menjual hasil pertaniannya ke kota,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar