Rabu, 11 November 2009

DWP Lobar Santuni Puluhan Balita Gizi Buruk


Sebanyak 55 balita penderita gizi kurang (GK) dan gizi buruk (GB) di Kuripan Selatan diberikan makanan tambahan dari Dharma Wanita Persatuan Lombok Barat (DWP Lobar), belum lama ini. Makanan tambahan tersebut diserahkan langsung Ketua DWP Lobar Hj. Nanik Zaini Arony, berupa bubur kacang ijo dan telur rebus. Selain itu diberikan biaya untuk pemberian bingkisan kepada para balita tersebut.
Di Kuripan Selatan sendiri jumlah GK mencapai 138 anak dan GB 25 anak. Namun yang untuk saat ini baru 55 balita yang diberikan makanan tambahan. Balita-balita tersebut berasal dari 4 dusun yakni Dusun Perendekan Utara, Perendekan Selatan, Lendang Sedi dan Dusun Bontage.
Pada kesempatan itu Hj. Nanik minta agar orang tua senantiasa menjaga kualitas makanan anak balitanya. Makanan tidak perlu mahal yang penting bergizi. Selain itu utamakan makanan bergizi untuk anak, bukannya untuk sang ayah.
“Jangan sampai makanan bergizi disembunyikan, dan hanya dikasih ke bapaknya saja,” pesan Hj. Nanik.
Begitu pula dengan kebiasaan mengunyahkan makanan untuk anak harus dihentikan. Sebab akan menularkan penyakit dari si ibu ke anak. Para ibu juga diminta rajin memeriksakan kesehatan bayinya ke Puskesmas. Selain itu diingatkan untuk tidak membiarkan anak bermain sembarangan di tempat-tempat yang tidak sehat.
Nanik juga menghimbau para orang tua agar tidak menjadikan anak sebagai orang tua kecil. Maksudnya, anak jangan dulu disuruh bekerja mencari nafkah sebelum waktunya. “Biarkan mereka berkembang alami,” ujarnya.
Sementara itu Camat Kuripan H. Darwanuddin, M.Si mengatakan, salah satu kendala yang dihadapi di lokasi tersebut adalah belum adanya polindes.
Kegiatan ini sendiri dirangkai dengan kegiatan Gerakan Terpadu Membangun Desa (Gerdubangdes), di mana pada pagi harinya dilakukan penanaman pohon. Jumlah pohon yang ditanam sebanyak 1500 batang terdiri dari Mahoni dan Trembesi. “Panjang jalan yang ditanami pohon ini 3 km. Alhamdulillah masyarakat di sini sangat antusias dengan kegiatan Gerdubangdes,” kata Darwanuddin. (afgan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar